SAMBAL PECEL KHAS DARI BLITAR

Sambel Pecel
Hallo kawan! Pagi-pagi itu enaknya sarapan pakek apa ya?? Kalau di Blitar sih paling enak sarapan nasi pecel khas Blitar.Kalau soal rasa jangan ditanya, nasi pecel khas Blitar itu sangat enak dan lezat.
Kalau anda ke Blitar jangan lupa mampir ke warung-warung penjual nasi pecel di Blitar contohnya warung makan Lumintu yang terletak di Jalan Protokol Desa Serang Jurusan Pantai Wisata Serang dan Serit.Jika anda menikmati nasi pecel khas Blitar pasti anda akan mengagumi cita rasanya dan tak bisa melupakan kelezatannya. Nasi pecel Blitar merupakan makanan khas dari blitar dengan citarasa yang lezat paduan antara nasi putih, bayam, kacang panjang dan kecambah dengan disiram bumbu pecel khas blitar ditambah rempeyek atau tempe, bila pingin yang agak modern sedikit di padu dengan tambahan iwak empal wah pokoknya pasti deh pasti uenak.Ciri khas nasi pecel khas Blitar adalah rasa sambalnya yang pedas dan aroma kencur serta aroma jeruk purutnya, karena dibuat dengan bahan dan ukuran yang pas. Oleh karena itu Sambel Pecel Blitar mempunyai rasa yang khas.Nasi pecel khas Blitar jangan disepelekan karena Kabupaten Blitar terkenal dengan hasil kacang tanahnya yang asli dan bermutu tinggi.Karena kacang tanah adalah bahan untuk membuat sambal pecel yang utama.Para pembuat sambel pecel di Blitar adalah ibu-ibu yang sudah profesional dan naluri pembuat sudah turun-menurun dari nenek moyang, boleh di kata itu adalah kodrat karena Blitar adalah penghasil sambal pecel terbaik sampai – sampai sambal pecel khas Blitar di impor ke mancanegara.Sambal pecel khas Blitar sungguh sangat istimewa dan beda dari yang lain.Sambal pecel khas Blitar sangat cocok untuk oleh-oleh  keluarga anda di rumah.Karena kelezatan dan cita rasanya yang tiada tara dan juga bisa di makan bersama keluarga di rumah.Kalau di Blitar anda bisa memilih sendiri gandengan sambel pecel mulai dari sayur, tempe, tahu, krupuk, dan peyek. Harga sambal pecel khas blitar ini juga sangat relatif murah kisaran 6.000 sampai 10.000 rupiah per porsi sudah bersama teh hangat manis. Jadi makan sarapan dengan nasi pecel ini harganya sangat terjangkau bagi semua kalangan. Namun jangan heran penikmat nasi pecel ini dari para konglomerat sampai pemulung menyatu dalam satu warung untuk makan menu yang sama.
Bahan-bahan :
1. 2 kg Kacang tanah
2. 6 ons Cabai merah
3. 5 lembar Daun Jeruk Purut
4. 1 kg 2 ons gula merah
5. 5 biji kencur
6. Garam secukupnya
7. 10 suing bawang putih
8. 250 ml minyak goreng
9.  3 bungkul asam


Cara mengolah: Bumbu pecel. Sangrai kacang tanah tanpa minyak, dengan wajan tebal atau wajan dari tanah, sampai matang atau kecoklatan, kemudian buang kulit arinya, dan giling kasar dengan mesin giling (bisa juga menggunakan mesin giling manual), sisihkan. Tumbuk halus: dan sangrai tanpa minyak biar lebih wangi dan tahan Kencur, Bawang putih, Lombok besar, Lombok besar, Daun jeruk purut, (cabe rawit bila pakai), Campur gula merah, gula putih, garam, dan asam uleni sampai rata. Campur bumbu halus dan kacang giling aduk sampai rata betul. Kemudian ditumbuk atau digiling ulang supaya lebih rata dan keluar minyak, akan lebih gurih. Bumbu pecel siap digunakan. Jika digunakan ambil beberapa sendok campur sedikit air panas aduk rata, siramkan ke sayur-sayur pecel.