Pengembangan Potensi Objek Wisata Pantai Serit (BAB I)

LOMBA KARYA TULIS SISWA
PENGEMBANGAN POTENSI
OBJEK WISATA
PANTAI SERIT 
KABUPATEN BLITAR


Diusulkan oleh :
NANDUNG NURIZAH (7141 / 2013)
ELANG ACHMAD M.A (7337 / 2013)
NIKEN AYU NINGRUM (7298 / 2013)





SMP NEGERI 1 PANGGUNGREJO
TAHUN 2015/2016

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Dengan adanya pariwisata ini, maka suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata itu berada, akan mendapatkan pemasukan dari pendapatan setiap objek wisata. Pariwisata juga merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh setiap individu. Alasannya, karena aktivitas berwisata bagi seorang individu dapat meningkatkan daya kreatif, menghilangkan kejenuhan kerja, relaksasi, berbelanja, bisnis, mengetahui peninggalan sejarah dan budaya suatu etnik tertentu, kesehatan dan pariwisata spiritualisme. Dengan meningkatnya waktu luang sebagai akibat lebih singkatnya hari kerja dan didukung oleh meningkatnya penghasilan maka aktivitas kepariwisataan akan semakin meningkat (Yuwana, 2010 : 1).
Pariwisata adalah salah satu dari industri gaya baru, yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor produksi lain di dalam negara penerima wisatawan ( Wahab, 2003 : 5)
Berkembangnya pariwisata di suatu daerah akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat, yakni secara ekonomis, sosial dan budaya. Namun, jika pengembangannya tidak dipersiapkan dan dikelola dengan baik, justru akan menimbulkan berbagai permasalahan yang menyulitkan atau bahkan merugikan masyarakat. Untuk menjamin supaya pariwisata dapat berkembang secara baik dan berkelanjutan serta mendatangkan manfaat bagi manusia dan meminimalisasi dampak negatif yang mungkin timbul maka pengembangan pariwisata perlu didahului dengan kajian yang mendalam, yakni dengan melakukan penelitian terhadap semua sumber daya pendukungnya ( Wardiyanta, 2006 : 47)
Kabupaten Blitar memiliki berbagai macam obyek wisata diantaranya wisata alam, wisata buatan, dan wisata sejarah yang apabila dikelola dan dikembangkan dengan baik dan tepat maka akan menjadi daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, dengan meningkatnya wisatawan yang berkunjung maka secara langsung akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan masyarakat sekitar objek wisata.
Kabupaten Blitar khususnya sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang strategis dan potensial untuk dikelola, dikembangkan dan dipasarkan. Obyek Wisata Pantai Serit merupakan obyek wisata favorit yang mempunyai daya tarik tinggi dengan suasana dan pemandangannya yang masih asri. Obyek Wisata Pantai Serit memiliki daya tarik dan potensi dalam peningkatan pendapatan daerah yang menjadi salah satu aset wisata alam di Kabupaten Blitar.
Potensi yang dimiliki obyek wisata di Kabupaten Blitar belum dikelola secara optimal sehingga keberadaan aset wisata belum mendapat respon positif wisatawan dalam bentuk kunjungan wisatanya. Salah satu tolok ukur perkembangan pariwisata adalah pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan karena dengan peningkatan jumlah wisatawan yang datang secara langsung akan diikuti oleh perkembangan sarana dan prasarana pendukung pariwisata, pembangunan wilayah yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan bagi wisatawan. Atas dasar inilah kami mengangkat Karya Tulis Remaja dengan judul “Pengembangan Potensi Objek Wisata Pantai Serit”

1.2     Rumusan Masalah
Dengan bertitik tolak dari latar belakang maka yang menjadi permasalahan yang hendak diangkat oleh peneliti dalam penelitian ini adalah:
1.        Apa saja keindahan yang terdapat di Pantai Serit?
2.        Apakah faktor-faktor pendorong dan penghambat pengembangan Obyek Wisata Pantai Serit?
3.        Strategi pengembangan apa saja yang perlu dilakukan dalam pengembangan Obyek Wisata Pantai Serit?

1.3     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini yang hendak dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah:
1.        Mengidentifikasi keindahan yang terdapat di Pantai Serit
2.        Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat pengembangan Obyek Pariwisata Pantai Serit
3.        Mengetahui strategi pengembangan yang perlu dilakukan dalam pengembangan Obyek Pariwisata Pantai Serit

1.4     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1.4.1. Manfaat Teoritis
Bagi penulis, berharap penelitian ini dapat memberikan informasi dalam membuat suatu kebijakan yang tepat dan bahan pertimbangan untuk meningkatkan pariwisata, khususnya di Kabupaten Blitar di masa mendatang.
1.4.2. Manfaat Praktis
Sebagai sumbangan bagi Pemerintah daerah dalam upayanya untuk mengembangkan sektor pariwsata, khususnya Obyek Pariwisata Pantai Serit.