KEINDAHAN RAMBUT MONTE

Rambut Monte
Ketika kita sudah sampai di Blitar kadang kita bertanya-tanya apa lagi tempat wisata yang ada di Blitar selain Makam Bung Karno. Kalau memang pertanyaan itu ada di benak kita maka tak salah apabila kita membaca yang satu ini.

Ada satu lagi tempat wisata alam kaki Gunung Kelud  yang menarik di Blitar, tempat wisata alam itu terkenal dengan sebutan Rambut Monte. Rambut Monte terletak di desa Krisik,Kecamatan Gandusari kurang lebih 30 km dari Kota Blitar. Apabila kita berjalan dari Kota Blitar rutenya adalah sebagai berikut: Kota Blitar – Garum – Talun – Wlingi – Gandusari –sampai di Pasar Krisik belok kanan – kurang lebih 300 m sampai di lokasi wisata Rambut Monte. Setelah tiba di lokasi wisata Rambut Monte,sudah disediakan tempat parker baik itu untuk mobil maupun sepeda motor. Dengan tarif sebagai berikut :
  • Bus Rp. 3.000 sekali parkir
  • Mini bus Rp. 2.000 sekali parkir
  • Sepeda Motor Rp. 1.000 sekali parkir
Selain apabila kita akan memasuki lokasi wisata Rambut Monte maka kita akan dikenakan restribusi atau tiket masuk yang tertulis di pintu masuk wisata tersebut .
Adapun rincian harga tiket atau restribusinya :
  • Dewasa Rp. 3.000/orang
  • Anak-Anak Rp. 2.000/orang
  • Rombongan diskon 15% (minimal jumlah 25 orang)
Begitu memasuki lokasi wisata Rambut Monte kita akan menemui pohon –pohon besar . Kemudian apabila kita melihat di sebelah kanan maka kita akan menemui candi Rambut Monte yang terbuat dari batu andesit berukuran kurang lebih 290 cm persegi yang konon candi tersebut adalah perwujudan dari Rahwana yang dikutuk menjadi Candi Monte. Candi Monte ini sendiri sering digunakan sebagai tempat pemujaan untuk umat Hindu . Sepertinya candi tersebut sudah tidak sesuai dengan wujud aslinya tapi masih menyisakan kegagahan dan kemistikan di dalamnya .
Setelah menuruni beberapa anak tangga yang dikanan kirinya dipenuhi dengan tanaman tanaman ,sempatkanlah kita melihat kebawah ,wauw sangat  menabjubkan pemandangannya. Kemudian turuni terus tangga – tangga  itu kita akan dibuat bercedak kagum saat kita melihat sebuah danau yang tidak terlalu besar dengan warna air biru toska yang memikat hati.Sesaat danau warna biru toska itu sama seperti danaupada umumnya . tetepi apabila kita melihat dengan seksama akan terlihat puluhan ikan berwarna hitam ke abu abuan berenang perlahan kesana kemari .Tak jarang ikan tersebut menampakkan ekornya yang seperti ikan hiu .Penduduk menyebut ikan tersebut ikan Dewa atau ikan Senggiring konon ikan tersebut merupakan wujud dari seorang murid yang tidak mematuhi perintah dan akhirnya dikutuk menjadi ikan Dewa tersebut . Dan konon ikan tersebut jumlanya tetep tidak bertambah & berkurang. Masyarakat setempat sangat menyakini ikan keramat tersebut tidak boleh disentuh atau dimakan. Apapun itu, Alloh SWT telah menetapkan ikan ditempat tersebut menjadi tontonan yang layak untuk dicermati.
Dan untuk memanjakan mata kita malihat keindahan danau dan ikan tersebut sekarang sudah dibangun gazebo dari beton yang di bangun di pinggir danau merojok ke dalam danau. Ternyata tidak berhenti sampai disitu mata kita dimanjakan tak jauh dari lokasi danau kalau kita berjalan kita akan menemui Bendungan Sumber Dandang yang airnya juga berwarna biru tosca>benar-benar pemandangan yang indah.
Demikia informasi tentang Rambut Monte semoga bemanfaat dan jangan lupa segera datang ke lokasi wisata Rambut Monte yaaaaaaa