Pengembangan Potensi Objek Wisata Pantai Serit (BAB V)



BAB V
PENUTUP

5.1.    Kesimpulan
1.    Rute Menuju Pantai Serit
Dari Obyek Wisata Pantai Serit kita mengambil arah barat. Perjalanan menuju Obyek Wisata Pantai Serit bisa menggunakan sepeda motor atau jalan kaki. Melalui rute belakang mushola Pantai Serang. Kita berjalan lurus mengikuti jalan berbatuan, sesampainya di pertigaan. Kita berbelok ke arah kiri menuju arah pantai Selo Kancil, kita berjalan lurus sampai di sebuah tempat diesel.
Kita menyusuri pinggiran Pantai Selo Kancil ke arah barat. Sesampainya di perbatasan antara Pantai Selo Kancil dan Pantai Selo Gogor, kemudian jalan lurus.Sampai di tebing terjal lalu menaiki tebing terjal tersebut dengan batuan yang ditata di pinggiran tebing.Setelah itu kita menyusuri jalan setapak yang berada di atas bukit, kita dapat melihat Pantai Selo Kancil, Pantai Selo Gogor, dan tentunya Pantai Serit dari atas bukit Pantai Selo Gogor. Perjalanan diakhiri dengan turun bukit dan sampailah kita di Obyek Wisata Pantai Serit.
2.    Keindahan Pantai Serit
Terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Luas areal obyek ± 320 Ha dengan pemandangan alam yang indah berupa gunung dan lembah yang hijau penuh dengan tanaman tebu..
3.    Faktor-Faktor yang Mendorong Pengembangan Obyek Wisata Pantai Serit
1)        Panorama alam yang indah, sejuk dan masih asli
2)        Sumber air yang Melimpah
3)        Suasana obyek wisata yang memberikan kenyamanan
4.    Faktor-Faktor Penghambat Obyek Wisata Pantai Serit
1)        Promosi Obyek Wisata yang Masih Kurang
2)        Program Pengembangan Obyek Wisata yang Masih Sederhana
3)        Keterbatasan Anggaran untuk Biaya Sarana dan Prasarana Obyek Wisata
4)        Keaadaan Jalan yang Kurang Baik
5)        Kurangnya  tenaga  kerja professional  dalam  pengelolaan obyek wisata
6)        Tingkat keamanan yang masih rendah
5.    Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Serit
1)        Perbaikan Infrastruktur menuju Obyek Wisata Pantai Serit
2)        Membangun fasilitas Penunjang bagi para pengunjung
3)        Penambahan sarana hiburan dan permainan

5.2     Saran
Beberapa saran yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian ini adalah :
1.        Pemerintah Kabupaten Blitar perlu terus meningkatkan pelayanan publik di daerah wisata seperti kebersihan, kenyamanan dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan. Karena saat ini fasilitas publik Obyek Wisata Pantai Serit kurang begitu baik. Selain itu jika jumlah wisatawan dapat meningkat dari tahun ke tahun maka diharapkan pendapatan pariwisata dapat meningkat juga. Namun pemerintah juga harus dapat mengoptimalkan agar pengeluaran yang di keluarkan tidak melebihi pendapatan yang masuk.
2.        Untuk menunjang pengembangan obyek wisata, aksesibilitas menuju ke obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di Obyek Wisata Panatai Serit perlu ditingkatkan.
3.        Pemanfaatan teknologi informasi perlu ditingkatkan untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi-potensi wisata kepada masyarakat luas. Selain mengenalkan kepada mayarakat luas, pemanfaatan teknologi informasi juga 90% dapat menarik investor-investor untuk berkontribusi aktif.